Baca dulu postingan saya sebelumnya ya. #ART / / / The 5th Fukuoka Asian Art Triennale 2014.

*

Pukul setengah tujuh itu saya buru-buru keluar dari museum karena festival matsuri ini akan dimulai pukul tujuh tepat. Yah, kamu tahu lah orang Jepang tepat waktu banget kalau masalah jam. Kalau dari google maps, festivalnya dekat sekali sama Fukuoka Asian Art Museum, tinggal nyeberang sungai lalu muter satu blok dan sampai lah. Ketika nunggu lampu penyeberangan bagi pejalan kaki, saya melihat perempuan-perempuan berseragam khusus berlarian menuju suatu tempat. Saat itu saya yakin, arah yang saya tuju ini benar. Lalu saya pun setengah berlari karena takut ketinggalan dimulainya acara ini.

Memutari satu blok akhirnya saya sampai di tempat dimulainya acara Nakasu Matsuri. Sekilas tentang Nakasu Matsuri. Matsuri sendiri artinya festival. Nakasu itu merujuk pada tempat dilaksanakan festival ini. Nakasu Matsuri ini adalah salah satu event yang patut untuk didatangi ketika main ke Hakata, kota tua dari Fukuoka. Festival ini diikuti sekitaran 500 orang dan semuanya perempuan. Ada beberapa laki-laki tetapi hanya untuk membantu mengamankan jalur diaraknya semacam kuil kecil. Wanita-wanita ini baik tua mau pun muda menggunakan seragam tertentu yang saya tidak tahu apa bedanya, sedikit informasi yang saya dapat mengenai festival ini. Mungkin pakaian yang mereka kenakan ini berkaitan dengan klan atau apalah saya juga agak tidak paham. Mereka juga memakai semacam ikat kepala dengan gaya yang beda-beda. Mereka memanggul semacam arak-arakan melewati jalur yang diterangi lampion merah. Dan tanpa sadar pun saya akhirnya mengikui arak-arakan mereka entah kemana.

(during the preparation)

(red tunnel with lanterns)
(ini tetua adat memperikan wejangan)






(City light behind)


Tau tau, diujung arak-arakan itu, saya sudah sampai di sebuah taman di depan Canal City, yang itu lumayan agak jauh dari Nakasu-kawabata station. Anehnya, di taman itu, diakhir acara 'grebeg' itu, disambung dengan acara gulat, iya, gulat beneran deh sumpah. Yang meski begitu kelihatan kaya bukan gulat.

(The end of the long march)
(Canal city)




Akhirnya saya memutuskan untuk jalan pulang karena sudah jam 9 malam. Pas jalan menuju ke Nakasu-kawabata, saya mampir ke Canal-city dan ambil beberapa foto. Karena sudah malam, beberapa toko tutup dan saya lanjut pulang. Saat jalan pulang, rasanya seneng banget bisa lihat acara ini yang hanya ada di minggu pertama bulan oktober.

[ ]

No comments:

Post a Comment