The underexposure sight of the Catching Hope.
12 April 2018. ILFORD SFX ASA 200/36 Fresh, expired in 2020
*

Sudah setahun berlalu sejak saya diajak oleh mbak Yo dan mas Bege ke Taiwan untuk mengerjakan proyek instalasi bambu mereka. Kalau tidak salah, diwaktu-waktu seperti ini saya baru saja kembari dari perjalanan 3 hari ke Jakarta dan satu instalasi bambu yang ada di dek pinggir danau sudah selesai, tinggal finishing coating supaya awet, dan instalasi yang satunya sudah setengah jalan.

Iseng-iseng saya berkorespondensi dengan si pemuda tetangga sebelah homestay tempat kami menginap untuk sedikit catch up dengan kondisi Shih'er Liao. Bagaimana pun, tinggal di Shih'er Liao adalah kehidupan yang paling dinamis dan ideal bagi saya. Pagi, bangun masak sarapan, sedikit makan langsung kerja instalasi bambu, istirahat sejenak untuk jajan rujak jambu manis yang seplastik harganya 25ribu, lalu kerja lagi, siang makanan siap lalu makan dan kerja kerja lagi sampai sore, mandi air panas, dan mengobrol sembari makan malam, lanjut kerja long-distance-projects dan baru tidur tengah malam. Berulang begitu terus selama sebulan dan diselingi sesekali pergi main ke kota sebelah atau makan malam di luar.

Lalu tibalah berita bahwa instalasi bambu kami telah rusak. Saya sedih, tetapi bagaimana tidak terpaksa merelakan, jika yang dihadapi adalah taifun.

 

Sesungguhnya, instalasi bambu kami itu direncanakan dapat bertahan selama satu tahun. Pada Mei 2018, komunitas Hakka di Hsinchu mengadakan Land-art Festival sebagai bagian dari Hakka Festival di Shih'er Liao. Instalasi bambu yang kami buat memang telah memenuhi target, bertahan selama festival. Taifun yang datang pada musim panas (Juni-September) kini meninggalkan PR yang cukup merepotkan bagi orang-orang di Shih'er Liao untuk membereskan kekacauan yang diakibatkan dari rusaknya instalasi bambu kami.

[ ]


*)late post

No comments:

Post a Comment