#ARCHITECTURE / / / Tugas Besar Pengantas Arsitektur Fabrikasi

Tuesday, 25 June 2013

Berawal dari masuk kelas mata kuliah yang baru dibuka semester ini, hingga belajar analog modeling, hingga sampai ke advance 3D modeling in Rhino and Grasshopper (yang ini bukan bagian saya).  Sekali lagi, karena kelas yang sepi cewek, saya terdampar di kelompok gabungan dadakan.

Jadi, sebagai tugas besar, ada sebuah proyek buat bikin entrance masuk dari kampus JUTAP di arah utara.

(biar dramatis dan romantis)








Ide untuk entrance ini awalnya kita pengen ngambil kontekstual kolom-kolom tedjo yang dipertahankan kemudian diisi dengan menggunakan gubahan bentuk dari flow orang jalan. Tapi berhubung kinek milik dorxlab yang mau kita pinjam nggak tahu entah kemana, kita jadinya langsung putar otak untuk ganti konsep. Meski masih mengusung konsep kontekstualisme yang hampir serupa, kita beralih dari teknik membran menuju ke (semacam advance) folding. Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca dipanel di bawah ini.





Proses pembuatannya lumayan menyenangkan, meski pencari bentuknya lumayan analog banget dan cukup lama. Yah, terimakasih buat Fariz yang telah jadi 3D maker, Aga yang jadi rendering machine, dan Nery yang jadi master of maket yang rapi banget.


No comments :

Post a Comment