#PHOTOGRAPHY / / / My New Camera

Thursday, 15 September 2011

Well, I do a lot of thing when I was in holiday.


I want to introduce to you my new camera. Taraaaa!!!


( my action sampler )
Ini adalah kamera saya yang belinya di Bandung dan nitip sama teman saya yang masih ada di sana. Berawal dari sebuah percakapan singkat dengan seorang teman mengenai per'kamera'an, saya jadi tahu kalo di Bandung ada yang jual macam-macam toy cam. Karena saya nggak tahu dimana beli toy cam di Jogja, alhasil saya minta titip sama teman saya yang masih ada di Bandung untuk membelikan saya kamera ini.


Ada sedikit cerita menarik tentang pembelian kamera ini. Jadi saat teman saya mau membelikan kamera ini, teman saya sampai keliling bandung dengan bermodal petunjuk 'beli kamera lomo'. Nah, kayaknya penjualnya tidak begitu paham, kan, alhasil ditawari kamera analog model jadul yang mahal banget. Katanya sih, mereka hampir nyerah dan akhirnya nggak sengaja melihat kamera saya ini di sebuah toko mainan anak-anak.


Tentang kamera saya, kamera saya adalah model Action Sampler yang lensanya ada 4 buah. Jadi sekali jepret akan ada 4 buah gambar yang tercetak di lembar film yang ada di dalam kamera. Kamera saya ini tidak perlu baterai. Nah loh, gimana cara pakainya tuh? Jadi, karena tanpa baterai, kamera ini hanya bisa digunakan di luar ruangan dan tempat-tempat yang terkena sinar matahari. Masih tak mengerti? Oke, apakah kalian tahu mengenai cara kerja kamera lubang jarum? Yak, mekanisme kerja kamera saya ini hampir mirip dengan kamera lubang jarum. Dan benar-benar hanya bisa digunakan di luar ruangan karena membutuhkan cahaya matahari. Kalau cahaya mataharinya kurang, ya hasilnya akan banyak noise-nya bahkan benar-benar tak jadi.


"Kalau kamu punya kamera baru,
          apa yang akan kau foto dengan first film-mu?"


Ya, pertanyaan itu sempat membuat saya bingung, karena bagi saya, objek foto pertama adalah objek yang istimewa, bagus, dan tentunya meninggalkan kesan tersendiri terhadap saya. Dan ini lah hasil jepretan pertama saya kali itu. Sedikit terbakar sih, tapi lumayan lah.


( jepretan pertama )

Karena belum tahu kamera ini modelnya kaya gimana karena 4 lensanya, jadi saya nyoba-nyoba nggak jelas. Mulai dari foto saat saya sedang di perjalanan, ataupun ngefoto di dalam ruangan. Alhasil, foto-fotonya banyak yang nggak jadi.


"Jika film di kameramu tinggal satu,
                                 apa yang akan kau foto?"

Pertanyaan itu terlintas dipikiran saya ketika pada akhirnya saya sadar bahwa film saya tinggal beberapa helai lagi. Lantas saya (entah mengapa ) jadi kalut sendiri, bingung karena pendapat saya sendiri mengenai the last roll yang tentunya harus istimewa. Yah, saya sendiri sih yang membesar-besarkan hal tersebut, tapi saya malah jadi tergerak untuk tidak memubazirkan helai-helai film saya yang terakhir. Well, setelah berhari-hari hunting sendirian, hampir pergi main tiap hari, dan akhirnya saya memutuskan untuk tak menggunakan the last  roll. Pengecut mungkin, tapi saya tidak menggunakan film terakhir itu. Dan jepretan saya yang terakhir ternyata malah tak jadi sama sekali.


Dan, inilah hasil jepretan saya dengan gulungan film pertama saya. Karena memang waktu itu kepasan mau buber ma temen-temen kelas di SMA, jadi harap maklum apabila foto-fotonya banyak foto-foto narsis


( ini foto jembatan yang saya lewati saat mau buber )

( teman saya nih, entah mengapa dia menghindar,
atau saya saja yang nggak jago memotret? )

( sun in the west )

( teman saya yang mbeliin kamera di bandung nih )

( teman saya nih, hehehehe )

( teman-teman sekelas nih,'keluarga' saya )

( yang memotret bukan saya nih. Lumayan ya?
Tapi objeknya kurang gedhe dikit )

( Ini nih orang yang menganjurkan saya untuk beli kamera saya itu )

( Kurang gimana gitu ya? Nggak jago yang ngefoto )

( uji coba saja )

( hime, :3 )

( duo ponjong )

( ini temenku yang motret. Kurang geser kanan, kan ya? )

( perjalanan menuju tempat buber )

( uji coba lagi, dengan objek yang sama tentunya )

( missing place )


Yak, sampai di sini galeri percobaan roll film pertama saya. Sampai jumpa di postingan berikutnya.

3 comments :

  1. ana ki, hehehe, cilik tapi. sing roll ke dua ana hlo

    ReplyDelete
  2. bisa dikasih tau gak beli toycam nya dimana..lagi berminat pengen punya saya

    ReplyDelete