#ART / / / The 5th Fukuoka Asian Art Triennale 2014

Saturday, 4 October 2014

Ketika jalan ke Kawabata hari Rabu lalu, saya tidak berhasil masuk ke Fukuoka Asian Art Museum jadi akhirnya saya putuskan untuk jalan ke Nakasu-Kawabata lagi di malam minggu. Kebetulan hari itu juga ada festival matsuri di Nakasu, yang nanti akan saya ceritakan di postingan selanjutnya.

*

Jalan ke Nakasu-kawabata sekarang saya tempuh dari stasiun di dekat asrama saya, Kashiimiyamae Station, yang harus jalan 15 menit dulu. Waktu itu sore dan lumayan banyak yang bepergian meski tidak sampai harus berdiri di kereta. Saya berangkat dengan kereta pukul 4 lebih dan sampai di Nakasu-Kawabata sekitar jam 5 kurang karena harus menunggu kereta saya di Kaizuka.

Sampai di Nakasu-Kawabata, saya langsung pergi menuju Riverrain Building. Fukuoka Asian Art Museum sendiri berada di lantai 7 dari Riverrain Building. Setelah sampai dan masuk, saya langsung beli tiket. Saya bawa kupon masuk tapi ternyata kupon itu tidak bisa digunakan karena adalah kupon untuk masuk pameran tetapnya, sedang event yang mau saya datangi, The 5th Fukuoka Asian Art Triennale 2014 itu berbeda. jadi, saya membeli tiket masuk dengan menunjukkan KTM dari Kyushu University dan dapat harga mahasiswa. Harga tiketnya kalau umum 1500 yen dan kalau pelajar 1000 yen. Mahal memang kalau dikonvert ke rupian. Tapi, mereka, bagian resepsionis dan pembelian tiket memberikan saya beberapa flayer dan termasuk peta pamerannya sendiri. Bagus banget lah pelayannannya.

(Fukuoka Asian Art Museum. sumber : Fukuoka-now)
Kebetulan pameran sedang tidak ramai. Tapi sayangnya pamerannya tidak boleh di foto. Apa ya, menghargai banget lah sama karya seni. jadi sebenarnya saya tak bisa cerita banyak. Mungkin nanti-nanti setelah pameran selesai, video yang dipamerkan, karya yang dipamerkan, akan beredar di dunia maya. Sayangnya, semua orang yang jaga itu berbahasa Jepang, jadi saya tidak bisa tanya-tanya dan hanya menikmati saja.

(sumber gambar : http://faam.city.fukuoka.lg.jp/eng/random/img/img_1408201650231663.jpg)
(artist maps. sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
The 5th Fukuoka Asian Art Triennale 2014 ini bertemakan Panorama to the Nextworld- Breaking out into the Future. Karya-karyanya berasal dari artis di Asia, ya iya lah namanya juga Asian Art Triennale. Sebagian besar artis berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Beberapa menampilkan video work, foto, kolase, lukisan, sketsa, instalasi yang menurut saya, dibanding dengan yang di Indonesia ya, agak sulit dibandingkan. Dalam artian, seniman Indonesia memang keren, tapi ini lebih keren lagi.

(yang ini sumpah keren banget video work-nya. sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(salah satu karya video work based on animasi yang dibuat dari beberapa puluh gambar tangan si artis.
sumber gambar : http://samdani.com.bd/#)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(kolase. sumber gambar : http://www.artinasia.com/institutionsDetail.php?catID=0&galleryID=1289&view=7&eventID=25380)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
(saya terkejut ketika menoleh dan mendapati seonggok boneka ini di lantai, kirain beneran. Karena real banget.
sumber gambar : Fukuoka-now)
(sumber gambar : Fukuoka-now)
Saya puas banget masuk ke museum ini, dan dapet event keren yang hanya ada 3 tahun sekali. Oh iya, ini kebetulan beberapa foto dan video di sini saya peroleh dari web resmi dari The 5th Fukuoka Asian Art Triennale 2014 dan dari searching di internet. Saya berikan juga tautan link-nya siapa tahu kamu mau lihat-lihat.

[ ]

No comments :

Post a Comment