#ART / / / Sanding Gending

Friday, 16 May 2014

Para tanggal 9 Mei kemarin, setelah sekian lama akhirnya saya melaksanakan ibadah seni yang satu ini.



Biasanya, saya sering berburu kegiatan berkesenian di TBY. Entah itu nonton sendratari, pertunjukan teater, atau resital musik. Kegiatan ini sebenernya iseng saja untuk mengisi kekosongan kegiatan saya ketika semester lalu dan terbawa hingga semester ini. Tapi ya, tidak sesering dulu. Kali ini saya menonton pertunjukan musik tradisional 'Sanding Gending' yang diadakan dalam rangka festival musik di Jogja kali ya, karena pesertanya masing-masing satu dari tiap kabupaten. Kebetulan, saya tahu kegiatan ini juga dari forum SMA saya. Ada adik tingkat yang ngeshare dan ah, boleh lah ya lihat.

Dan seperti kegiatan seni gratis lainnya yang diadakan di TBY, penontonnya memang luar biasa banyak. Belum lagi jam 7 TBY sudah ramai. Kebetulan juga hari itu ada pembukaan pameran tugas akhir dari SMSR Jogja di galeri bawah, ada band-band-an juga. Jadi ya, memang ramai sekali. Kira-kira pukul setengah delapan itu pintu dibuka dan berbondong-bondonglah orang-orang untuk berebut masuk. Untung akhirnya saya dan teman saya dapat tempat duduk yang lumayan bagus.

Dimulailah gending gamelan dan tetabuhan itu mengisi ruang teater atas TBY. Sebenarnya saya bertanya-tanya yang mana yang dari Gunungkidul yang memang isi-isinya anak SMA 1 Wonosari, dari sekolah saya dulu. Pas baca flayernya, ternyata ada 2 teman saya yang ikutan juga acara ini sebagai personil kontingen Gunungkidul. Yang satu memang jago, dia itu dalang muda dan jago sekali tembang jawa dan gamelan, yang satunya, hanya ikut-ikutan latihan gamelan di pendopo Sewokoprojo dan jadi lumayan jago juga. Sampai akhir saya masih tak tahu yang mana anak-anak SMA saya. Saya juga tidak melihat kedua teman saya itu.

Ketika pulang, saya sempatkan dulu melihat pameran anak SMSR di galeri bawah TBY.

[ ]

No comments :

Post a Comment