#ARCHITECTURE / / / Dorxlab

Tuesday, 6 March 2012

Well well well, long time not write here because I was so busy for my vacations in holiday. So I came back to tell you about every thing that I did last holiday.

Kuliah baru saja dimulai. Kali ini masuk minggu ke 3 dan ada banyak hal terjadi termasuk tanggal 29 Februari tahun ini yang saya lalui tanpa sadar. Hei, kemarin itu tanggak yang hanya terjadi 4 tahuan sekali! Tapi, lupakan, toh tak ada hal yang begitu istimewa di hari itu kecuali ada beberapa orang yang lahir di hari itu dan merayakan ulangtahunnya untuk yang ke sekian kali yang tentunya bisa dihitung jari.

Well, tanggal 5 maret kemarin, bertepatan dengan hari yang tak saya ketahui apa spesialnya, ada sekelompok mahasiswa arsitektur UGM angkatan tua yang melakukan sebuah pameran. Judul pamerannya ‘File to Factory’. Posternya yang berbentuk segitiga alias A3 dibagi 2 secara diagonal telah terpampang di berbagai sudut kampus dan membuat orang menantikan tanggal 5 maret. Dan benar saja, ketika pagi hari tanggal 5 maret saya berangkat ke kampus, di gazebo arsitektur UGM yang lebih sering disebut Tedjo Suminto alias Tedjo, telah muncul kardus-kardus coklat yang menjulang tinggi.

( poster yang ditempel secara unyu oleh mereka)

Dari judul pamerannya, ‘File to Factory #1’ secara kasarannya merupakan sebuah pameran mengenai sebuah model digital yang difabrikasikan. Pelaksana pameran ini adalah Dorxlab. Nah, apa itu Dorxlab? Sepenangkap saya, Dorxlab adalah sebuah laboratorium rekayasa digital yang berkutat dengan spesialisasinya yaitu parametric desgin. Pencetus laboratorium ini ada beberapa yaitu Zaqi Fatis (Eqi), Dhony Yudhanto (Dhony), Ivan Muhammad Majid (Ivan), Zuadin Akbar (Adin), yang keempatnya adalah mahasiswa arsitektur UGM 2007, dan seorang lagi yaitu bapak Agus Hariyadi sebagai pembina. Anggotanya sementara ini (yang saya ketahui) ada Galih Adityas Permana Tingal (Galih), Ardo Gufron (Ardo), dan seorang lagi dosen muda bapak Nedyomukti Imamsafi’i (Pak Joned). Basecampnya untuk sementara ini ada di laboratorium Dorxlab yang ada di sebelah utara laboratorium komputer Arsitektur UGM. Nah, Dorxlab ini juga membuka peruntungan bagi para mahasiswa dan dosen yang tertarik dengan parametric design untuk bergabung bersama mereka. Dorxlab ini membuka semacam forum diskusi dan pelatihan bagi orang-orang yang tertarik di bidang ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan kunjungi www.dorxlab.com.

Sedikit tentang Dorxlab. Nah, kita beranjak ke pameran hari itu. Sejap pagi hari para kru yang bertugas menyiapkan ini dan itu, ribet sendiri membawa ini dan itu dari laboratorium dan memasangnya di Tedjo. Sejak pagi, para penghuni kampus sudah menunggu-nunggu jadinay seperti apa. Dan berikut ini adalah sedikit foto mengenai pameran hari itu.

(dorxlab)
(selain pameran karya, ada video pembuatannya juga)
(dua teman saya yang kebetulan sedang menonton pameran.
dari kiri; jojon dan aga)

(dari kiri, jojon, mas adin, rina.
Mas adin sedang menerangkan program dorxlab kepada rina)
( lagi-lagi si jojon nampang nih. hehehehe)
(suasana pameran di tedjo pagi itu)

Nah, sampai siang cuaca masih cerah tetapi ketika sore, langit menjadi mendung dan kemungkinan besar akan hujan. Pameran yang awalnya berada di Tedjo, kemudian dipindahkan ke Hall gedung Arsi sayap timur.

(suasana pamrean di hall)
(teman saya Tami yang sedang melihat pameran
karena menunggu jemputan di hall)

(Tami dan Zazi sedang mengamati)

(pameran dari sudut lain)
( isi kacang )

(my favorite one. yang ini disambung-sambung dengan paper clip.
entah mengapa saya suka)

( jaringan otot )

Yah, begitu lah pameran perkenalan dari dorxlab. Saya mendapat kabar bahwa dorxlab akan mengadakan pameran kedua tak lama lagi di WEX, Wiswakharman Expo yang akan diadakan pada 20-21-22 April 2012 yang akan diselenggarakan di Benteng Vredeburg Yogyakarta. Jika anda berminat, jangan lupa kunjungi stand dorxlab di sana.


Nah, sekiranya, kali ini sekian dulu.
Sampai jumpa di cerita kehidupan mahasiswa arsitektur Ugm yang lain.

No comments :

Post a Comment